.....BLOG INFO.....
Buat Visitor blog Auto Link dapat mengganti tampilan warna blog ini dengan meng-klik widget (WARNA TAMPILAN BLOG) yang telah kami sediakan pada sudut kanan bawah, terima kasih atas kunjungannya
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rangkuman Cara Pasang Hardisk External di PS2 Fat dan PS2 Slim Read more: Rangkuman Cara Pasang Hardisk External di PS2 Fat dan PS2 Slim


Cara penggunaan harddisk external pada PS2 sebenarnya sudah pernah saya bahas diblog ini dan saya rasa sudah lengkap cara-caranya mulai dari awal sampai PS2-nya bisa kita gunakan main game PS2, tapi karena mungkin postingannya pisah-pisah ditambah lagi karena banyaknya istilah-istilah sehingga sebagian dari teman-teman masih susah memahami cara-cara tersebut. Dan untuk itu lewat postingan ini Saya mencoba menyatukan kembali cara-caranya yang saya anggap pilihan terbaik (dari sekian postingan terdahulu yang pernah saya tulis) kita gunakan main game pakai flashdisk/harddisk external pada PS2 Fat dan Slim pada saat postingan ini Saya tulis. Okley....

Untuk lebih jelasnya lagi, kita mulai saja membahasnya. Pertama-tama kita sediakan dulu alat-alat apa yang mesti kita persiapkan seperti berikut: Media Penyimpanan Data. Media penyimpanan data ini merupakan media atau alat yang kita gunakan untuk menyimpan semua data-data game serta data-data keperluan lainnya untuk memainkan game PS2, dimana media penyimpanan data tersebut bisa berupa Harddisk, Flashdisk, atau Flashcard dan sejenisnya.
 Converter USB.
Converter USB ini merupakan alat yang kita gunakan untuk menghubungkan media penyimpanan data dengan PS2-nya, seperti contohnya jika kita menggunakan harddisk, maka tentunya kita juga memerlukan lagi alat converter USB untuk menghubungkan harddisk yang kita gunakan dengan PS2 lewat port USB.
Dan begitupun juga jika kita menggunakan Flashcard, maka kita juga memerlukan tambahan alat konferter USB lagi yang kita kenal dengan nama Card Reader untuk kita gunakan menghubungkan antara flashcard-nya dengan PS2, kecuali jika kita menggunakan flashdisk, maka alat konverter USB-nya tidak kita butuhkan lagi, karena model flashdisk sudah memiliki konektor USB dan tinggal kita sambungkan langsung dengan PS2.
Seperti yang sudah pernah saya bahas diblog ini tentang cara menggunakan atau menghubungkan harddisk external dengan PS2 yang bisa teman-teman coba baca disini.
 Sekarang langka selanjutnya adalah menjalankan file booting yang akan kita gunakan untuk membaca dan memainkan semua game yang nantinya kita instal diharddisk-nya.
Dan file-file booting yang bisa kita gunakan dalam keperluan memainkan game PS2 di harddisk external ada beberapa program bootloader diantaranya: Open PS2 Loader (OPL) Rekomendasi PS2ESDL USB Advance dan lainnya (sorry sudah lupa namanya Malu-malu)

Dari beberapa file booting diatas, saya pribadi merekomendasikan menggunakan Open PS2 Loader (OPL) dengan alasan karena OPL mendukung atau bisa memainkan lebih banyak game jika kita bandingkan dengan file booting yang lain, disamping itu OPL lebih bagus tampilannya serta adanya dukungan penggunaan virtual memory card untuk menyimpan save permainan, dan yang lebih terpenting lagi kalau OPL ini sampai sekarang (saat tulisan ini saya posting) para pengembangnya masih terus membahas file booting tersebut, dan berita perkembangan OPL ini bisa teman-teman coba ikuti di www.psx-scene.com. Okey....

Dari cara instalasi serta penggunaan dan pengaturan dari beberapa file booting tersebut sebenarnya bisa dibilang sama, tapi karena adanya perbaikan dan penambahan beberapa fitur/kemampuan dari softwarenya, maka cara penggunaan/pengaturan khususnya untuk file booting Open PS2 Loader sedikit berbeda dari file booting lainnya, walaupun sebenarnya saat awal-awal pengembangan OPL ini dibuat cara penggunaan softwarenya bisa dibilang sama dengan file booting yang lain, tapi karena adanya penambahan atau kelebihan fitur-fiturnya yang membuat OPL ini mengalami perubahan dalam cara instalasi/penggunaanya.

Untuk itu biar tulisan bisa lebih simple, maka saya akan membahas penggunaan hd external di PS2 ini dengan menggunakan Open PS2 Loader saja, karena dari sekian file booting tersebut, OPL-lah yang lebih banyak support sama game-game PS2 serta adanya tambahan fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh file booting yang lain seperti yang sudah saya uraikan diatas. Jadi sekali lagi, pada tulisan ini saya akan menggunakan pilihan pada Open PS2 Loader sebagai file booting yang akan kita gunakan main game dengan menggunakan harddisk external baik pada PS2 fat maupun pada PS2 Slim Sekarang kita lanjutkan dengan bagaimana caranya kita menjalankan file booting yang kita pilih tersebut pada PS2-nya.

Dan untuk itu cara menjalankan file booting tersebut bisa teman-teman baca dan klik dibawah ini sesuai dengan kondisi PS2-nya
- PS2 dengan Optik masih berfungsi (minimal bisa baca CD).
- PS2 dengan Optik rusak atau tanpa optik. PS2 dengan optik masih berfungsi Jika PS2 masih mempunyai optik minimal masih bisa membaca CD game, maka penggunaan harddisk untuk main game pada PS2 tersebut bisa kita lakukan dengan beberapa cara diantaranya:

- Menggunakan CD Booting.
- Menggunakan MC Booting.
- Menggunakan Modchip tertentu untuk membantu menjalankan file booting.

PS2 dengan optik rusak atau tanpa optik Jika PS2 sudah rusak optiknya atau optiknya sudah dilepas, maka penggunaan harddisk untuk main game pada PS2 tersebut bisa kita lakukan dengan beberapa cara diantaranya:

- Menggunakan MC Booting.
- Menggunakan Modchip tertentu untuk membantu menjalankan file booting.
Menggunakan CD Booting Jika memilih menggunakan CD Booting, maka langka-langka penggunaan harddisk external untuk main game di PS2 tebal atau pada PS2 slim sebagai berikut:

Burning file booting di CD dalam hal ini file booting Open PS2 Loader (versi 8 keatas), dan cara membuat file booting yang sifatnya umum yang bisa teman-teman pergunakan untuk membuat CD Booting untuk OPL bisa coba baca-baca disini
Tip Burning CD/DVD CD/DVD terdiri dari dua jenis yaitu CD-R/DVD-R dan CD+R/DVD+R.
Sebaiknya menggunakan keping CD+R/DVD+R untuk burning data buat tujuan penggunaan pada PS2, karena sebagian software burning mendukung otomatis memburning image ke booktype CD ROM/DVD ROM jika menggunakan keping CD+R/DVD+R, dan hampir semua modchip PS2 mendukung atau bisa membaca format booktype CD ROM/DVD ROM.
Penyalahgunaan CD/DVD Backup atau kopian diluar tanggung jawab Satriogame... just sharing ajatwink Jika CD Booting OPL sudah selesai kita buat dan berjalan dengan baik pada PS2-nya, maka langka selanjutnya adalah Format media penyimpanan yang akan kita gunakan untuk main game.
Kembali ke awal Menggunakan MC Booting Jika memilih menggunakan MC Booting, maka tentunya teman-teman harus menyediakan Memory card PS2 minimal 8mb, dimana memorycard PS2 ini nantinya yang akan kita instalkan atau simpan file bootingnya.

Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menginstalkan software Free MCBoot di memorycard PS2-nya.
Catatan : Free MCBoot ini tidak bisa cuma dicopy saja antar memory yang sudah terinstal Free MCBoot, melainkan setiap memorycard harus diinstalkan Free MCBoot ini baru bisa berjalan sebagaimana mestinya.
Cara menginstal dan download software Free MCBootnya sudah pernah saya bahas diblog ini, bagi yang belum tahu cara menginstal softwarenya, teman-teman bisa coba-coba baca disini. Bisa juga teman-teman baca-baca disini.
Sementara untuk mengatur setting Free MCBootnya bisa teman-teman baca disini.
Setelah MC Booting berhasil kita buat dan jalan normal di PS2-nya sesuai dengan yang kita harapkan, maka kita lanjutkan ke cara Format media penyimpanan yang akan kita gunakan untuk main game.

Kembali ke awal Menggunakan Modchip tertentu Jika memilih menggunakan modchip atau chip tempelan, maka yang pertama-tama yang harus teman sediakan selain dari PS2-nya sendiri adalah modchipnya.
Modchip yang sebaiknya kita gunakan untuk keperluan main game pakai harddisk external ini adalah Modchip Modbo versi 5.
Sedikit mengenai Modchip Modbo versi 5 ini adalah, modchip dari jenis Modbo yang sudah ditingkatkan lagi kemampuannya dibandingkan dengan versi-versi modchip modbo sebelumnya, dimana kemampuan dari versi 5 ini adalah adanya tambahan kemampuan untuk menjalankan file booting yang tersimpan di harddisk external atau media penyimpanan yang kita gunakan yang terkoneksi dengan PS2 lewat port USB-nya (mass) yang bisa kita jalankan lewat menu boot pada modchip modbo 5 ini.
Jadi artinya disini teman-teman setidaknya punya sedikit keberanian untuk membongkar casing PS2-nya sekaligus memasang chip-nya pada board PS2. Cara memasang modchip dari jenis tersebut sudah pernah saya bahas diblog ini,

teman-teman bisa coba membacanya disini. sebagai panduan untuk memasang Modbo versi 5 ini Titik jumper pemasangan modchip Modbo sama ditiap versinya
Setelah modchip sudah berhasil kita pasang, selanjutnya kita mengatur setting modchipnya dengan cara nyalakan PS2 yang sudah kita pasangi modchip Modbo versi 5,
kemudian tekan tombol dan tahan Segitiga+Linkaran (stik) sampai masuk dimenu konfigurasi chip, Selanjutnya atur untuk Boot Mode = MASS,
sementara untuk setting yang lain tinggal sesuaikan dengan kebutuhan (saran = engga usah diubah).
Setelah itu simpan settingan modchip dengan menekan START
Setelah semua sudah berfungsi dengan normal, selanjutnya kita Format media penyimpanan yang akan kita gunakan main game.
Kembali ke awal Format Media Penyimpanan Format harddisk yang kita gunakan adalah FAT (FAT32).
Jika media penyimpanan yang kita gunakan seperti flashdisk atau flashcard, maka untuk memformat-nya bisa langsung kita format lewat windows explorer saja atau menggunakan bantuan software format seperti yang pernah saya bahas disini.
Tapi jika media pnyimpanan yang kita format tidak bisa menggunakan cara tersebut, maka teman-teman bisa mencoba memformatnya menggunakan USBExtreme format versi DOS yang pernah saya bahas disini. Okey....

Setelah media penyimpan yang kita gunakan sudah di format ke FAT (FAT32), maka kita bisa lanjutkan ke proses instalasi game-nya. Dan khusus teman-teman yang memilih menggunakan Modchip Modbo 5 untuk menjalankan file bootingnya, maka PENTING untuk mengatur file system yang akan dibaca oleh modchip modbo 5 ini nantinya di media yang sudah kita format tadi. Cara membuat/mengatur file system pengaturan boot menu Modchip Modbo 5 bisa teman-teman baca disini

Tapi bagi teman-teman yang malas membuatnya bisa mendownload file system pengaturan boot menu modchip di website Modbo 5 disini dan merubahnya agar bisa menggunakan Open PS2 Loader, atau bisa juga menggunakan system boot menu yang saya edit dan sudah menggunakan Open PS2 Loader (ditambah dengan uLaunchELF, SMS, biar boot menu chip-nya lebih banyak fungsi), bagi yang minat silahkan download link system boot menu modbo 5 dibawah ini Boot menu modbo 5 dengan OPL versi 0.8 Boot menu Modbo 5 dengan OPL versi 0.9.1 Setelah itu extract file-nya dan simpan semua file pengaturan boot menu di harddisk external-nya yang sudah diformat FAT32 pada folder system seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Setelah ini kita lanjutkan ke proses instal game
Kembali ke awal Instal Game Untuk menginstal game pada media yang digunakan, OPL versi 8 keatas mendukung atau bisa kita lakukan dengan 2 cara diantaranya. Menginstal game dengan cara mempart-part file iso game seperti cara yang digunakan oleh file-file booting yang lain seperti USBAdvance dan PS2ESDL, yaitu dengan menggunakan software instaler game yang bernama USBUtil, dan cara menggunakan USBUtil ini salasatunya bisa teman-teman baca disini. Selain dari cara tersebut, OPL dengan pengembangan kemampuan dari programnya, maka menginstal game bisa juga kita lakukan dengan cara mengcopy langsung file game dalam format iso ke harddisk external-nya atau media yang kita gunakan menyimpan data game yang caranya sudah pernah saya posting disini
Rekomendasi Dari kedua cara tersebut, saya sendiri merekomendasikan menggunakan cara yang kedua karena lebih praktis.
Dan nanti kita gunakan cara yang pertama jika file game yang kita instal lebih dari 4GB (gigabyte).
Untuk membuat file iso game dari CD/DVD game, salasatu caranya bisa teman-teman baca disini.dan bisa juga yang ini buat tambah-tambah info Setelah tidak ada lagi game yang ingin kita instal, selanjutnya teman-teman bisa lanjutkan ke cara variasi dari Open PS2 Loader ini agar tampilannya lebih keren, seperti penambahan tema, icon, background, dan lainnya yang sudah saya bahas lengkap diblog ini untuk versi 0.8, sementara untuk versi 0.9 Insya Allah akan saya coba bahas juga (jika kesempatan ada dan kemauan/mood mendukung)
Tanpa melakukan variasi ini pun sebenarnya Open PS2 Loader sudah bisa kita gunakan main game
Setelah tidak ada lagi yang akan kita masukkan di harddisk externalnya, maka sekarang tinggal kita hubungkan harddisk external-nya atau media penyimpan lainnya yang kita gunakan dengan PS2-nya dan setelah semuanya sudah terpasang dengan baik, tinggal hubungkan PS2 dengan TV lewat kabel AV-nya, Pasang stik/controller game dan....

Bagi yang menggunakan CD Booting, On kan PS2, Masukkan CD Booting di PS2,
Tekan power dan tunggu hingga CD berhasil dibaca oleh PS2 dengan tanda logo Playstation 2 muncul dilayar TV, dan setelah itu booting akan mendeteksi harddisk.external-nya.
Kemudian atur settingan OPL agar membaca USB Games yang caranya bisa teman-teman coba baca disini
Pilih judul game dan...mainkan.
Bagi yang menggunakan MC Booting,
Masukkan MC Bootingnya di slot memory,
Kemudian On kan PS2 dan tekan tombol power,
Tunggu sampai free mcboot berhasil dijalankan oleh PS2,
Pilih menu booting yang kita gunakan dalam hal ini Open PS2 Loader, dan setelah itu booting akan mendeteksi harddisk external-nya
Kemudian atur settingan OPL agar membaca USB Games yang caranya bisa teman-teman coba baca disini
Pilih judul game dan...mainkan.

Bagi yang menggunakan Modchip Modbo 5 On kan Ps2,
Kemudian tekan tombol power, setelah itu logo chip akan muncul dilayar TV (jika settingnya di on-kan), dan sekaligus menjalankan boot menu chipnya yang settingannya sudah kita atur/simpan sebelumnya di harddisk, flashdisk, atau media lain yang kita gunakan. Pilih Open PS2 Loader dan setelah itu booting akan mendeteksi harddisk external-nya. Kemudian atur settingan OPL agar membaca USB Games yang caranya bisa teman-teman coba baca disini Pilih judul game dan...mainkan.

Catatan Jika PS2 yang kita gunakan sudah mendeteksi/menampilkan semua game yang ada diharddisknya dan dipastikan tidak ada masalah sama PS2-nya, tapi game yang kita pilih tidak bisa dimainkan, maka coba defrag harddisk-nya yang salasatu caranya bisa teman-teman baca disini

Jika PS2 sama sekali tidak bisa membaca game yang terinstal di harddisk external atau flashdisk, kemungkinan masalahnya dari konverter USB atau flashdisk yang kita gunakan, dan kalau soal konverter USB-nya yang bermasalah atau flashdisk-nya, maka solusinya yang saya tahu sampai saat postingan ini saya tulis cuma 1, yaitu MENGGANTINYA dengan yang lainWkwkwkwk Selesai. Read more: Rangkuman Cara Pasang Hardisk External di PS2 Fat dan PS2 Slim

INFO LENGKAP BLOG SAHABAT

Tidak ada komentar: